You need to enable javaScript to run this app.

SMAN 1 Kempo dalam Kesepakatan dan Kedisiplinan Positif dalam Lingkungan Belajar oleh Bapak Wahyudin, S.Pd

SMAN 1 Kempo dalam Kesepakatan dan Kedisiplinan Positif dalam Lingkungan Belajar oleh Bapak Wahyudin, S.Pd

Kempo, 16 januari 2024. SMAN 1 Kempo. Lingkungan belajar yang positif adalah kunci keberhasilan dalam pendidikan. Siswa yang berada dalam lingkungan belajar yang positif cenderung lebih termotivasi, berkinerja lebih baik, dan mencapai hasil yang lebih baik. Salah satu aspek penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif adalah melalui kesepakatan dan Disiplin positif.

Kesepakatan dalam Lingkungan Belajar

Kesepakatan dalam lingkungan belajar merujuk pada peraturan atau norma yang disetujui oleh semua peserta, baik siswa maupun guru. Kesepakatan ini menciptakan landasan yang jelas untuk interaksi dan perilaku dalam kelas. Beberapa contoh kesepakatan yang dapat diterapkan dalam lingkungan belajar meliputi:

  1. Saling Menghormati: Siswa dan guru harus saling menghormati pendapat, ide, dan perbedaan satu sama lain. Ini menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman di mana semua orang merasa dihargai.
  2. Kehadiran dan Keteraturan: Kesepakatan ini mengharuskan siswa untuk hadir secara teratur dan tepat waktu. Kehadiran yang baik adalah kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang efisien.
  3. Tidak Mengganggu: Siswa diharapkan untuk tidak mengganggu proses pembelajaran teman-teman mereka. Ini mencakup tidak mengobrol saat guru sedang menjelaskan, tidak bermain telepon seluler, dan menjaga kebersihan kelas.
  4. Berpikir Positif: Siswa diharapkan untuk membangun pikiran positif terhadap pembelajaran. Ini mencakup menghadapi kesulitan dengan tekad untuk mengatasi mereka.
  5. Berbagi Pengetahuan: Kesepakatan ini mendorong siswa untuk berbagi pengetahuan mereka dengan teman-teman sekelas. Ini menciptakan atmosfer kolaboratif.

Pada pelaksanaan kesepakatan dan disiplin positif yang dilakukan oleh bapak Wahyudin, S.Pd dengan kelas 12 IPA 1 dan kelas 12 IPA 4 ini membuktikan bahwa siswa-siswi sangat interaktif dan semangat dalam melakukan kesepakatan berkaitan dengan disiplin positif ini sehingga dapat meningkatkan kecenderungan anak-anak untuk kehadiran dalam keteraturan kesepakatan ini mengharuskan siswa untuk hadir secara teratur dan tepat waktu pada kehadiran yang baik adalah kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang efisien dalam berkaitan dengan disiplin positif Siswa memiliki kesepakatan ketika melanggar bahwa kedisiplinan tidak terlaksana dengan baik maka akan mendapatkan konsekuensi yang harus mereka hadapi dan rasakan sesuai dengan kesepakatan yang telah mereka buat dalam kesepakatan ini bertujuan untuk agar siswa dapat menaati dan menjaga keberlangsungan kedisiplinan dalam dirinya sehingga dapat menumbuhkan contoh yang baik untuk lingkungan di sekitar terutama di SMA negeri 1 Kempo. 

Bagikan artikel ini:
Titik Nurhaidah, S.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamu’alaikum wr.wb. Salam Sejahtera Untuk Kita Semua Dan Salam Budaya   Puji syukur Alhamdullilah marilah kita panjatkan kehadirat Allah Swt,atas…

Berlangganan
Banner